Bahaya Mules Perut Pada Ibu Ketika Sedang Hamil

Bahaya Mules Perut Pada Ibu Ketika Sedang Hamil

Bahaya Mules Perut Pada Ibu Ketika Sedang Hamil - Kebanyakan ibu hamil pasti mengalami mules pada perut, Bahkan sering. Hal inilah yang paling banyak membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, Karna menahan rasa sakit tersebut. Rasa mules tersebut terkadang membuat ibu hamil Menjadi khawatir jangan-jangan terjadi sesuatu yang membahayakan.


Sekali lagi, Pada prinsipnya, Tidak semua nyeri perut berbahaya. Namun beberapa nyeri bisa menjadi pertanda ada nya gangguan atau masalah yang serius, Untuk itu mari kenali beragam sakit.

  • Trimester pertama

Nyeri yang patut diwaspadai adalah saat keram pada salah satu perut dibagian bawah, Apalagi disertai dengan pendarahan atau terdapat flek berwarna kecoklatan. Nyeri yang umumnya berlangsung lama ini menjadi pertanda kehamilan ektopik (Kehamilan diluar rahim). Kehamilan ini disebabkan oleh sel telur yang sudah dibuahi yang sudah menempel diluar rahim.  Nyeri hebat muncul akibat pendarahan didalam rongga perut lantaran "Pecahnya" Kehamilan ektopik. Sifat nyeri bisa ritmis (Teratur) dan spastis (Disertai rasa kejang) dengan intensitas yang makin meninggi. Sebaiknya anda segera berangkat kerumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat, dan dokter akan langsung memberikan obat yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca juga artikelnya: Obat Mules Pada Perut Di Apotek


  • Trimester kedua
Nyeri masih kerap dirasakan dibagian bawah perut. Nyeri yang tergolong tidak berbahaya ini disebabkan rahim yang membesar sehingga mengakibatkan adanya tekanan pada kandung kemih yang berlokasi dibagian bawah perut. Waspadai bila nyeri seperti ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Yang patut diwaspadai adalah ketika masuk kebulan bulan akhir kehamilan, Lantas ada nyeri parah di perut bagian bawah yang tak hilang meskipun sudah beristirahat. Kemungkinan itu pertanda placental abruption, Yakni lepasnya plasenta dari dinding rahim.

Selain itu ada juga nyeri yang patut diwaspadai oleh ibu yang sedang mengandung.
  1. Kram yang seperti saat haid yang berlangsung lama (Beberapa jam). Nyeri bersifat ritmik, Menjalar dari pinggang ke arah bagian atas kemaluan.
  2. Nyeri dirasakan pada bagian atas atau ulu hati. Nyeri ini biasanya diikuti disertai sakit kepala dan gangguan pandangan mata (Mata kabur).
  3. Nyeri yang berasal dari konstraksi rahim sehingga menyebabkan persalinan kurang bulan.
Itulah diantaranya nyeri yang harus diwaspasdai oleh ibu yang sedang hamil. Maka dari itu jika mengalami kejadian seperti diatas segeralah hubungi dokter agar mendapat penanganan yang baik.

-Terimakasih sudah berkunjung semoga menjadi bermanfaat-

Komentar